Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Fungsi Menu dan Shortcut Adobe Photoshop

 


Mendengar kata Adobe Photoshop tentunya sudah tidak asing di telinga. Software editing satu ini kali ini banyak diminati oleh content creator, fotografer pemula bahkan sampai fotografer profesional. Nah buat sobat-sobat setia blog sonzdesign mungkin ada yang baru terjun atau tertarik dengan software satu ini. Sebelum lebih jauh, yuk kita pahami dulu fungsi menu dan shortcut-shortcut yang ada di Adobe Photoshop sehingga dapat memudahkan kalian untuk kedepannya.

PELAJARI MENU UTAMA


Pada saat kalian membuka photoshop, kalian akan dihadapkan layar seperti di atas. Apa aja sih yang menu dan tombol yang ada pada gambar di atas? Kita mulai dari sebelah kiri terlebih dahulu ya.
  1. Create New - Tombol ini digunakan untuk membuat sebuah project (.psd) baru yang kemudian muncul jendela besar yang berada di tengah.
  2. Open - Tombol ini digunakan untuk membuka project (.psd) yang sudah pernah kalian kerjakan sebelumnya dan disimpan di storage.
  3. File - Digunakan untuk langkah awal dan langkah akhir pada pengerjaan project kalian, karena disana kalian bisa memilih untuk membuka lembar kerja baru, mengimpor foto, browse, open as, close, save, save as, dan proses print ke media cetak.
  4. Edit - Digunakan untuk langkah pembantu pengeditan, disana ada pilihan cut, copy, undo, stroke, paste, free transform, fill, clean dan lain-lain.
  5. Image - Menu yang dapat digunakan untuk mengolah foto sedemikian rupa sesuai yang kalian inginkan. Pilihan paling utama ada di menu Adjustment dimana bisa mengatur tingkat cahaya, tingkat warna, exposure, kontras, maupun mengubah komposisi warna dengan berbagai macam pilihan. Selatin itu juga rotasi dan ukuran foto juga bisa kalian ubah pada menu Image Size dan Rotate.
  6. Layer - Fungsinya hampir sama dengan menu Image. Akan tetapi pengaturan pada Layer tersebut bukan untuk foto utama melainkan untuk lembar layer. Layer adalah sebuah object terpisah dari gambar utama (background) dan layer-layer tersebut bisa proses tanpa mengganggu object background maupun layer yang lainnya.
  7. Type - Pada menu ini kalian bisa mengedit sebuah Text yang ingin kalian masukan ke project. Ada fitur bernama Extrude to 3D dimana pada fitur ini kalian bisa membuat font/text kalian menjadi 3D di dalam software photoshop tanpa harus memakai software lain.
  8. Select - Digunakan untuk pengolahan select (memilih), baik itu dengan pilihan select all, deselect (membatalkan), reselect (mengulangi), Inverse untuk mengganti bagian yang tidak terpilih.
  9. View - Digunakan untuk fitur tampilan, ada fitur Zoom in, Zoom out, Fit o nScreen, mengatur screen mode, Actual Pixel dan lainlain. Menu ini dapat diakses menggunakan tombol shortcut pada keyboard.
  10. Windows - Digunakan untuk mengatur apa saja kotak menu yang akan ditampilkan. Disarankan untuk memilih kotak Layer, History, dan Tools. Hal tersebut adalah fitur yang paling utama yang harus ditampilkan.
  11. Help - Menu yang ditampilkan oleh Adobe untuk mengakses konten dan informasi terbaru seputar Adobe Photoshop

HAFALKAN FUNGSI SHORTCUT

Adapun beberapa shortcut yang umum untuk keyboard seperti CTRL+S, CTRL+N, CTRL+O, CTRL+P akan membuat pengerjaan project menjadi lebih cepat.

Berikut adalah shortcut yang dapat digunakan di Adobe Photoshop :
  1. Ctrl + D : Menghilangkan bagian yang diseleksi.
  2. Ctrl + T : Merubah ukuran foto.
  3. Ctrl + Shift + I : Membalikan bagian yang diseleksi.
  4. Ctrl + Del : Memberikan warna latar belakang.
  5. Alt + Del : Memberikan warna latar depan.
  6. Ctrl + Shift + N : Menambah layer baru.
  7. Ctrl + 0 : Menyesuaikan ukuran gambar dengan layar/monitor.
  8. Ctrl + + : Zoom in/Memperbesar.
  9. Ctrl + - : Zoom out/Memperkecil.
  10. Ctrl + E : Menggabungkan beberapa layer.
  11. Ctrl + Tab : Menampilkan beberapa file yang berbeda dalam satu layer.
  12. Ctrl + L : Membuka Level warna.
  13. Ctrl + U : Membuka Level Saturasi.
  14. Ctrl + J : Menduplikat atau menyalin layer atau bagian yang diseleksi.
Nah jadi itu dia Fungsi Menu dan Shortcut yang harus kalian pahami sebelum melangkah jauh mengoperasikan Adobe Photoshop ya sobat. Pantengin terus blog kita untuk update tips-tips desain lainnya.