Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Processor Intel i7 Terkena Overheat, Kok Bisa?!

Halo sobat SONZDESIGN! Mendengar kabar banyak pengguna dari processor Intel ini sering terjadi Overheat, kenapa ya? Yuk kita simak informasinya!

Dilansir dari (sumber : gaptech.id)
Seseorang pemilik processor Intel Core i7 7700 dan 7700K terus menerus mengkomplain permasalahan temperatur suhu yang terjadi pada processornya. Dalam waktu beberapa bulan, salah satu pembicara dari forum komunitas disana merasa bahwa respond yang diberikan dianggap kurang masuk akal. Simpelnya, spokesman dari Intel itu mengatakan bahwa suhu panas yang berlebih tersebut dikarenakan processor tidak berjalan sesuai spesifikasi. Beberapa motherboard memiliki default fan speed yang berbeda-beda dan menyarankan untuk mensetting fan control melalui motherboardnya.
Processor Intel i7 Terkena Overheat, Kok Bisa?!
Yang membuat orang-orang merasa kurang masuk akal adalah saat orang tersebut mengatakan bahwa Intel tidak merekomendasikan untuk menjalankan processornya diluar spesifikasi, seperti merubah CPU Frequency atau merubah voltase dari processor, juga melepaskan Integrated Heatspreader CPU (De-lidding). Yang berarti itu sama saja dengan Intel tidak merekomendasikan untuk meng-overclock processornya. Kalian dapat mengeceknya langsung di Forum Intel Community untuk percakapan diskusi lengkapnya. Disini pemilik CPU tersebut juga memberikan screenshoot saat ia melakukan stress test 45 menit dan suhu berada di angka 91°C.
Processor Intel i7 Terkena Overheat, Kok Bisa?!
Perlu kalian ketahui, meskipun Intel Core i7 7700K dapat berjalan di 5GHz dengan murah, Core i7 7700K memang memiliki suhu yang cukup tinggi, terutama saat berjalan di 4,8GHz - 5GHz. Beberapa pengguna CPU ini mengatasi isu tersebut dengan cara mendelid CPU nya. Akan tetapi de-lidding atau melepas IHS CPU untuk mengganti pasta pada bagian dalamnya memang memiliki resiko tersendiri, contohnya seperti ada kemungkinan mengurangi kompatibilitas terhadap CPU cooler yang digunakan, karena IHS bisa kendur.
Intel 'K' Series seperti Core i7 7700K adalah CPU yang memiliki fitur 'unlock multiplier', yang memang seharusnya CPU tersebut dispesialkan untuk overclocking karena fitur yang disediakan. Jika Intel tidak merekomendasikan untuk Overclocking, lalu untuk apa ada 'K' series?



Sumber : gaptech.id