Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Komputer Gampang Hang dan Lambat !

 

Hi Sobat SONZDEISGN!

Gimana awal bulan November ini? Musim hujan bawaanya gabut pastina. Tapi kita doain hari - hari kedepannya ceria terus. Pasti kamu udah ga aneh kan sama komputer atau laptop yang ngehang atau lag? Pasti banyak orang stress gimana sih biar komputernya jalan kayak normal. Jangan khawatir, kita kasih tau tutorial cara ngehadepin masalah komputer atau laptop yang sering ngehang atau lag.

Saat kita membuka software yang akan digunakan kdang komputer atau pc kita ngehang atau lambat, akan ada bacaan Not Responding, dan kursor mouse juga akan tidak gerak ataupun saat diklik tombol apapun tidak ada yang terjadi. Ini akan menjadi masalah yang cukup menjengkelkan sih, apalagi mau buka tugas atau deadline tugas udah mepet banget. Lebih lagi kalau kita lagi ngerjain tugas tapi masalah ini tiba - tiba muncul, wah yang ada bukan stress tugasnya sih, pasti stress gara - gara hang nya itu. Yuk simak kenapa komputer kita hang juga cara memperbaikinya.

Penyebab Laptop atau Komputer Tiba - Tiba Hang

Ada berbagai alasan yang menjadikan laptop kita tiba - tiba hang sendiri dan jadi lambat. Berikut adalah beberapa penyebab dan alasan yang udah biasa ditemukan pada saat laptop atau komputer kita hang juga lambat : 

  • Hardware sistem yang sudah tidak terupgrade lagi.
  • Adanya Virus yang masuk ataupun malware.
  • Komputer atau laptop yang lama digunakan sampai berjam - jam dan menjadi panas.
  • Kurangnya Ruang Memori dan sudah penuh.
  • Menjalankan Software yang kurang perlu untuk dipakai.
Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang Hang dan Lambat

Jika kamu merasa hang tiba - tiba dan tidak merespon apa yang kamu klik atau perintahkan, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi komputer atau laptop yang hang dan lambat.

  • Memberi Waktu Hardware Menjadi Dingin

Jika kamu sedang membuka software yang menumpuk dan memaksanya hingga hardware menjadi panas, beri waktu rehat untuk komputer atau laptop menjadi dingin. Karena layaknya manusia, Komputer atau laptop pun memiliki stamina yang perlu dijaga agar tidak kecapean dan lelah. 

Terkadang masalah ini dianggap sepele, tetapi masalah ini jika dilakukan terus menerus akan berdapmpak sangat fatal sekali. Hardware pada komputer dan laptop lama lama akan melemah pada fungsinya dan menjadi rusak. Jadi berikan waktu untuk komputer atau laptop kembali dingin dan pulih seperti kedaan normalnya.

  • Close Software yang Tidak Terlalu Terpakai 

Lalu jika windows terlalu penuh tasknya sehingga RAM yang tidak kuat menampungnya menyebabkan Komputer atau Laptop menjadi hang dan lambat. Kamu cukup menekan "Ctrl + Alt + Delete", dan pilih opsi Task Manager dari jendela yang ditampilkan di layar.

Tapi jika komputer atau laptop benar - benar sedang dalam keadaan tidak merespon, tekan "Alt 
+ F4". Cara ini yaitu menutup paksa software yang tidak benar - benar merespon saat ditekan konfigurasi tersebut. Mungkin cara ini sangat tidak disarankan, tapi jika kamu benar - benar dalam keadaan yang terdesak, kamu bisa melakukan cara tersebut.

  •  Restart Laptop atau Komputer

"Alt + F4" adalah  cara yang paling ampuh untuk komputer atau laptop yang benar - benar dalam keadaan freeze. Lalu jika komputer atau laptop merespon sintaks yang kita berikan maka otomatis konfigurasi yang kita lakukan akan dijalanakan. Dan jika semua Software sudah di close secara paksa, tekan konfigurasi yang sama dan akan muncul jendela, lalu pilih opsi restart.

Fungsi restart ini sangat - sangat berguna untuk kamu yang sudah menyalakannya kembali, karena akan memperlancar komputer atau laptop saat digunakan kembali.
  • Lakukan Pencarian Malware atau Virus

Seperti biasanya sebuah komputer atau laptop yang biasa didengar, biasanya akan terkena suatu virus atau malware. Dan jika pun tidak, apa salahnya untuk coba memindai di Software pembersih yang berpotensi akan mengancam komputer jadi lag atau lambat. Ini pun dapat berpotensi terhadap keselamatan data data mu (bukan hanya menyebabkan lag atau hang), lebih parahnya komputer atau laptop mu bisa bisa tidak menyala kembali gara - gara virus atau malware ini.

Itulah beberapa Cara yang mungkin bisa membantu dan bermanfaat. Apakah laptop atau Komputer kamu mengalaminya? Maka lakukan segera langkah - langkah nya agar kamu tidak merasakan lag atau hang kemvali dan mengerjakan tugas pun menjadi lebih rileks dan enjoy kawan. Semoga bermanfaat!