History Komputer dari Generasi ke Generasi | SONZDESIGN
Cari Berita

History Komputer dari Generasi ke Generasi

Febri Dinanti
Senin, 06 Mei 2019


History Computer dari Generasi ke Generasi, memiliki 5 generasi setelah tahun 1940 - Di zaman sekarang siapa sih yang tidak tau tentang komputer? Tapi sebelum kita mengetahui tentang komputer yang sekarang, pada perkembangan komputer setelah tahun 1940 ada 5 generasi. Yaitu :


1. Generasi Pertama ( 1940 – 1959 ) : Vacum Tube
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :
·         ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Calculator )
·         EDVAC Computer
·         EDSAC Computer
·         UNIVAC 1 Computer

ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Calculator )
Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946 , Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.


Kriteria ENIAC :
  •  Decimal (Not Binary)
  • 20 register yang memuat masing-masing 10 digit
  •  Diprogram secara manual dengan menggunakan switch
  • Terbuat dari 18,000 vacuum tubes dgn berat 30 ton
  • Luas area komputer : 15,000 Square Feet
  • Konsumsi daya yang digunakan 140kW dengan kecepatan proses data 5,000 additions/s
EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer )

  • Dilakukan penyempurnaan terhadap ENIAC
  • Penggagasnya adalah John Von Newmann dari Priceton Institute for Advanced Studies, dengan proposalnya : EDVAC (Electronics Discrete Variable Computer
  • Komputernya dikenal dengan nama IAS
  • Konsep dasar IAS à STORED PROGRAMMED CONCEPTS à digunakan sampai saat ini
EDSAC Computer

EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

UNIVAC 1 Computer

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan

2. Generasi Kedua ( 1959 ± 1964 ) : Transistor

Prinsip kerja :
  • Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan  komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan  komputer.
  • Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.  Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa  assembly.
3. Generasi Ketiga (1965 – 1980 ) : Integrated Circuits
IC  mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan  silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan  sistem operasi (operating system).

4. Generasi Keempat ( Awal 1980an ) : LI, VLSI, ULSI
  • Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik
  • Dalam Generasi ke empat ada beberapa perkembangan : 
- Large Scale Integration (LSI): dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
- Very Large Scale Integration (VLSI): dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra Large Scale Integration (ULSI): meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.


5. Generasi Kelima ( Sekarang – Masa depan )
       Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann.
       Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
       Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Berikut fitur komputer generasi kelima :

Namun dari 5 generasi tersebut, terdapat perbedaan antara generasi yaitu :

1. Generasi Pertama ( 1940 – 1959 ) : Vacum Tube
Komputer generasi pertama memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner masing-masing yang berbeda yang disebut sebagai "Bahasa Mesin" ( Machine Language ). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk di program dan membatasi kecepatannya .

2. Generasi Kedua ( 1959 ± 1964 ) : Transistor
Komputer pada generasi kedua memiliki penyimpanannya sendiri, yaitu kapasitas memori utama di kembangkan dari Magnetic Core Storage dan menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk. Transistor dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat di perkecil ke skala mikroskopik. Era ini juga menandakan permulaan munculnya mini komputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang efisien, tidak sebesar sebelumnya.

3. Generasi Ketiga ( 1965 – 1980 ) : Integrated Circuits
Karena pada generasi ini menggunakan IC, maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama, selain cepat komputer generasi ketiga juga dapat melakukan multiprocessing dan multitasking yang dimana kita bisa melakukan lebih dari 1 aktivitas seperti mengetik sambil mendengarkan musik.

4. Generasi Keempat ( Awal 1980an ) : LI, VLSI, ULSI
Komputer generasi keempat ini merupakan lanjutan dari generasi ketiga, namun pada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi, maksudnya yang telah menggunakan chip IC dikembangkan lagi. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna yaitu green colour, komputer generasi keempat mempunyai bahasa pemrograman Microsoft Basic ( Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code ). Sebagai catatan bahwa pada komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum di tentukan standar sebuah komputer terutama personal computer ( PC ) .

5. Generasi Kelima ( Sekarang – Masa depan )
Pada generasi kelima ini telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai " Artifical Intelligence " , berbasis Graphic User Interface ( GUI ), multimedia, dan multikomunikasi

Dari perbedaan tersebut dapat di simpulkan bahwa komputer generasi pertama itu hanya dapat melakukan 1 tugas tertentu saja dan memiliki program bahasa mesin, pada generasi kedua dengan adanya memori utama dari Magnetic Core Storage dan menggunakan pemyimpanan diluar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk. Komputer generasi ketiga lebih cepat dan tepat karna adanya Integrated Circuits ( IC ) yang lebih cepat dari generasi sebelumnya, seiring berjalannya waktu komputer generasi keempat lebih kompleks karna IC sebelumnya di kembangkan lagi namun pada generasi ini belum PC-Compatible sehingga di kembangkan lagi di generasi kelima yang di gunakan sampai sekarang, komputer yang bisa multi-tasking, sebagai alat hitung, menerjemahkan bahasa manusia dan tentu masih banyak hal lainnya.