Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Password Wifi Lewat HP & Komputer, Mudah Ternyata!


 Hi Sobat SONZDESIGN!

Gimana kabarnya nih? Moga baik - baik aja ya. Pada kesempatan ini kita akan kasih tau nih cara ganti password wifi rumah atau kantor kalian. Pasti pandangan pertama kalian soal ganti wifi bakal ribet lah, sulit lah, harus manggil CS wifi lah. Tapi beda banget lho dengan apa yang kalian banyangin, ternyata ganti password caranya mudah banget bahkan tidak sampai 1 jam bahkan 1 hari. Cukup simak langkah - langkah dibawah ini untuk ganti password wifi hanya 5 menit.

Cara Ganti Password WiFi di Laptop atau PC

Kamu harus tau dulu ganti password hanya bisa wifi yang sudah tersambung dengan device. Kenapa sih harus terhubung? Karena kalau ngga, wifi rumah kamu akan mudah disadap dong oleh orang - orang. Jadi, kalau sudah tersambung, router akan mengira bahwa orang yang tersambung dengan wifi dianggap sebagai bagian dari admin. Langsung aja deh ke tutorialnya!

  • Kalau sudah tersambung dengan WiFi, buka browser laptop atau PC kalian yang sudah tersambung dengan router WiFi yang akan diganti passwordnya.
  • Ketikan alamat http://192.168.1.1/ pada address bar dan tekan Enter.
  • Masukan username dan password dari akun user internet kamu.
  • Kalau kamu belum pernah akses sebelumnya dan belum mengganti akun user nya, maka kamu tinggal isi tabelnya seperti dibawah ini :

Username

user

Password

user

*Pastikan huruf kecil semua

*Dan jika alamat diatas tidak bisa diakses, kamu bisa mengganti nya dengan http://192.168.1.254 atau http://192.168.0.1/


  • Setelah berhasil login, pergi ke menu pengaturan yang berada di sebelah kiri. Lalu pilih menu Network.
  • Pada menu Network, pilih menu WLAN dan pilih sub menu Security.
  • Ketik Password yang baru kolom WPA Passphrase dan pilih Submit untuk ganti password. Tunggu sampai loading page selesai, maka password WiFi mu pun tereset ke password yang baru diganti.

Cara Ganti Password WiFi di HP

Kalau kamu ngga punya laptop buat ganti password wifi kamu, tenang kita masih punya solusinya buat ganti password wifi di HP.

Caranya kurang lebih seperti di Laptop atau PC, cuma beda device doang kok. Langsung aja check langkahnya kawan!

  • Pastinya kamu harus terhubung dengan wifi yang akan diganti passwordnya, jika sudah buka browser di HP kalian.
  • Lalu ketik alamat http://192.168.1.1/ pada address bar browser kalian dan tekan Enter.
  • Setelah Halaman Login muncul, masukan username dan password pada kolom sepeti berikut

Username

user

Password

user

*Pastikan huruf kecil semua

*Dan jika alamat diatas tidak bisa diakses, kamu bisa mengganti nya dengan http://192.168.1.254 atau http://192.168.0.1/


  • Masuk ke menu Network > WLAN > Security dan ganti passwordmu sesuai dengan yang diinginkan pada kolom WPA Passphrase. Tekan Submit agar password baru bisa tersimpan.
  • Tunggu beberapa saat hingga loading page selesai. Jika sudah, maka password lama kamu tereset sendiri dan otomatis ganti menjadi yang baru.


Alasan Kenapa Kamu Harus Banget Ganti Password WiFi Sebulan Sekali
Walau terlihat hanya hal yang kecil, tapi ganti password WiFi secara terajadwal bisa menghindari Wifi kamu diusil oleh orang yang sudah tersambung dengan WiFi mu maupun orang yang bisa meretas WiFi mu juga terhindar dari beberapa problem, misalnya seperti dibawah ini :
  • Masalah Keamanan
Password dan Username Wifi yang jarang diganti bisa meningkatkan resiko terhadap routermu dan Wifi kamu. Bahkan data di HP kamu pun bisa dicuri oleh para Hacker yang jail ataupun sengaja mengambil datamu. Bisa kebayang ga sih kalo akun penting kamu keambil oleh hacker dan data - datanya pun diambil. Ngeri abizzzz!
  • Terhindar dari Internet Lemot
Saat menggunakan Wifi, pasti sering banget ngerasa internet kamu susah untuk mengakses apapun. Apa sih sebabnya?
Ini bisa jadi karena Wifi kamu banyak yang make dan pastinya ngaruh banget ke kecapatan WiFi, kamu juga bakal kesusahan kalo kamu ingin akses internet pake WiFi rumah kamu.
Lalu berapa durasi yang dibutuhkan berdasarkan pengalaman tim SONZDESIGN? Berdasarkan pengalaman, kami mengganti WiFi kira kira sebulan sekali.

Segitu aja deh tutorial dari kita ya kawan! Share ke temen - temen kamu juga agar temen kamu tau cara ganti password rumahnya. Sekian dari kami. Semoga Bermanfaat Kawan!