Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Perbedaan MPL & MPLI

 


Hi Sobat SONZDESIGN!

Berita kali ini muncul dari game yaitu Mobile Legend, yang diamana game ini sedang naik-naiknya. Tapi kalian tau tidak perbedaan anatara MPL dan MPLI? Yu, kita simak berita yang satu ini.

Apa sih yang kalian tau tentang kompetisi-kompetisi resmi yang ada di game Mobile Legend yang pernah diadaka? Jika kalian ketahui hanya MPL, MDL, MSC hingga M1. Namun kalian tahu tidak dengan kemunculan kompetisi baru yaitu MPLI. Kalian harus mengetahui juga perbedaaan antara MPL dan MPLI.

Jangan sampai salah persepsi, meski namnya sama-sama mengandung MPL, tapi ada perbedaaan yang cukup signifikan di antara keduanya. Penasaran dengan perbedaaannya? Yu, simak perbedaaanya.

Perbedaaan MPL dan MPLI

MPL


MLBB Profesional League merupakan kasta tertinggi kompetisi dari tingkat Nasional untuk tim MLBB Profesional League. MPL memiliki cabangnya dari setiap negara. Untuk bisa bermain di MPL, Setiap pemain minimal berusia 14 tahun dan merupakan warga negara asli ataupun memiliki izin kerja, serta mendapat persetujuan dari MPL.

Biasanya MPL pada setiap negara terdiri dari babak regular season dan playoff. Regular Season biasanya membuat sistem liga, yang dimana tim-tim bertarung dengan aturan home-away. Jika berhasil pada posisi tertentu, maka tim akan bisa memasuki babak playoff denganformat yaitu double elimination. Tim yang lolos ke babak final MPL berhak mewakili negaranya di kompetisi yang levelnya Internasional di MLBB World Championship.

MPLI


MPL Invitational merupakan turnamen yang terbilang diadakan pada tahun 2020, yang sebagai imbas dari batalnya MSC 2020. Turnamen ini diadakan oleh Moonton dan ONE Esports dan mengundang tim-tim MPL terbaik dari kawasan Asia Tenggara.

Format yang dibikin pun cukup unik, dimana terdapat 20 tim akan bersiap bertarung dan akan dibagi kedalam 4 bracket yang dipimpin oleh juara MPL masing-masing negara. Setiap pemimpin bracket berhak memilih 4 lawan mereka di bracket masing-masing.

Pada tahun 2020 saja, aturan ini menghasilkan beberapa match up unik, seperti ada Aura Fire VS Aura PH dan ONIC Esports VS ONIC PH di bracket milik Bren Esports. Alter Ego menjadi juara perdana di MPLI pada tahun 2020.

So, itulah perbedaan pada MPL dengan MPLI. Jangan sampai tertukar lagi ya. Dan terus nantikan berita-berita terhangat dan menarik lainnya. Semoga bermanfaat.