Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen, Ini Ternyata Solusinya!


Hi Sobat SONZDESIGN!
Balik lagi nih sama kita. Pada kesempatan ini, kita akan membahas gimana sih komputer kita tiba - tiba Black Screen. Black Screen biasa disebut dengan Bluen Screen of Death (BSOD) yang disebabkan karena ada kesalahan pada sistem. Baik itu pada Hard Device maupun Soft File, tapi biasanya black screen ini disebabkan karena device tidak bisa membaca sistem yang berujung tidak munculnya apapun di layar komputer ataupun laptop kita.
Black Screen ini lebih menyulitkan dibandingkan blue screen karena sistem tidak akan menampilkan pesan error apapun mengenai penyebab masalah. Lalu gimana nih kalo kita ngalaminnya? Tenang, kita kasih tau penyebab serta solusi yang harus dilakukan!

 1. Masalah Software
 

Masalah software seringkali menjadi penyebab komputer menjadi black screen. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu menjalankan program dengan mode full screen seperti menonton film ataupun video maupun main game. Pada saat kamu membuka video tapi tidak merespon atau berlayar hitam, pada saat kita merestart nya tidak merespon atau audio maupun suara tidak muncul, berarti komputer atau laptop sedang dalam keadaan tidak baik - baik saja.
Solusi terbaik dari masalah ini yaitu bisa dengan mengganti resolusi yang digunakan menjadi lebih rendah atau Windows Mode. Selain itu coba jalankan program Run as Administrator. Jadi laptop mu bisa menetraliir maupun meminimalkan resolusi agar masalah black screen tidak terjadi.


 2. Masalah pada Display
 

 Video error merupakan masalah umum penyebab terjadinya Black Screen, tidak ada output yang membuat tampilan hanya berwarna hitam dan biasanya muncul tulisan.
Solusi yang kami temukan yaitu cek kabel DVI, HDMI, atau DisplayPort juga pastikan terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan fisik dari kabel tersebut. Jika kamu baru ganti monitor dan mengalami masalah ini, pastikan kabel penghubung mendukung resolusinya karena beberapa bersi DVI dan HDMI tidak mensupport resolusi diatas 1080p. Jika masih Black Screen coba lepaskan VGA dan hubungkan monitor dengan VGA internet di motherboard, dan coba update driver VGA kamu.

 3. Overheat
 

Panas yang berlebih atau overheat mungkin biasa terjadi pada barang elektronik. Jika VGA yang mengalami overheat maka tampilan akan menjadi Black Screen, tetapi keadaan CPU seperti baik baik saja. Jika prosesor terjadi overheat maka akan dilanjutkan dengan restart ataupun ter-Shutdown sendiri.
Solusi yang biasa dilakukan pada saat overheat ini yaitu bersihkan CPU dan pastikan Fan pada Prosesor, VGA, CPU berfungsi dengan normal dan baik.

4. Masalah Power Supply


Power Supply mungkin menjadi penyebab utama dari adanya Black Screen, karena Power Supply menjadi bagian terpenting dari komputer kalian. Mungkin Power Supply menjadi pandangan yang sepele bagi sebagian pengguna komputer, tetapi semua bagian di PC akan mendapat daya melalui Power Supply. Jika Power Supply tidak sanggup memenuhi daya pada salah satu part saja maka Black Screen akan muncul. Inilah mengapa Power Supply disebut menjadi bagian terpenting bagi seluruh komponen komputer.
Solusi dari masalah ini yaitu perhatikan penggunaan daya pada masing - masing komponen, jika berlebih maka sebaiknya ganti dengan power supply yang lebih besar sehingga tidak membebani power supply dan merusak komponen yang lainnya yang tidak terkena daya

Itulah 4 cara yang kami temukan dan survei kawan. Jadi kesimpulannya, kita perlu menjadwalkan membersihkan dan cek hardware dari komputer kita. Ya kalo ngga, siap - siap Black Screen akan terjadi pada komputer kamu. Semoga Bermanfaat kawan!