Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Praktis agar Komputer Tidak Lelet!

Hi Sobat SONZDESIGN!

Di awal Bulan November ini sedang musim hujan yah? Pastinya pada galau juga ga bisa keluar. Dari pada keluar, mending pantengin terus berita artikel terbaru dari kita. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Komputer.

Siapa sih yang ga tau tentang komputer? Pasti orang di jaman batu tuh yang ga tau salah satu alat canggih satu ini. Komputer memang sudah tidak aneh lagi bagi seluruh masyarakat yang menginjakan kakinya di bumi. Bahkan anak balita pun sudah mengenal apa itu komputer. Orang - orang sudah mulai membutuhkan komputer ini. Bagi semua masyarakat sudah menggunakannya sebagai alat untuk membantu menyelesaikan segala tugas.

Tapi apa yakin komputer yang kamu gunakan lancar untuk digunakan? Banyak pengguna komputer yang sering mengalami masalah lag dan penurunan performa komputernya. Salah satu penyebab yang sering ditemukan terhadap komputer yang lemot yaitu karena banyak software yang diinstall, sedangkan penyimpanan yang terbatas. Faktor sering digunakan pun banyak terjadi pada para gamers yang menggunakan komputernya hingga berhari - hari yang menyebabkan komputer menjadi panas dan akhirnya menjadi lemot.

Tapi jangan khawatir, kita kasih tau caranya agar komputer kalian ga lemot dan lelet saat digunakan. Cara ini pun sangat praktis dan mudah, yuk simak caranya!

1. Bersihkan Komputer dari Virus dan Malware

Sangat penting untuk kamu yang menggunakan komputer tapi kamu tidak tahu apakah komputer kamu tidak terkena virus atau tidak. Serangan virus atau malware dapat terjadi kapan saja dan dapat menjadikan komputer kamu menjadi lelet dan lambat. Bahkan tidak hanya menjadikannya lelet dan lambat, bisa - bisa data - datamu juga menjadi hilang dan berantakan akibat virus atau malware ini.

Salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan menginstall Anti Virus. Sebagai rekomendasi dari kita kamu bisa menggunakan Anti Virus seperti Avast, ESET NOD, Kaspersky dan lainnya. Tapi kalo lebih bagus sih yang berbayar, karena fitur yang disediakannya pun sangat banyak dan proses pembersihannya pun akan maksimal.

2. Jangan Buka Banyak Software di StartUp Program

Terlalu banyak Software yang digunakan akan mengakibatkan komputer kamu menjadi lelet dan lambat. Apalagi RAM yang kamu gunakan sangatlah minim, jika kamu memaksakan komputer kamu, komputer kamu akan panas dan lambat.

Solusi untuk benar - benar menutup Software yaitu dengan mendisable dan mematikan beberapa start up program, yaitu dengan :

  • Buka Task Manager klik kanan pada tampilan desktop kamu
  • Pilih beberapa Software yang tidak begitu digunakan
  • Restart komputer agar performanya normal kembali
3. Uninstall Software yang Jarang Digunakan
 

Biasanya pengguna komputer menginstall Software yang sifatnya sementara dan lupa untuk uninstall Software tersebut. Kadang juga kamu install game dan bosan tapi kamu lupa untuk uninstall game tersebut.

Cara mengatasi masalah tersebut yaitu uninstall Software yang memang benar benar tidak digunakan. Ini akan memudahkan komputer kamu memulihkan kembali keadaanya seperti kala normalnya. Kamu bisa memeriksa sisa penyimpanan kamu di File Manager kamu pada menu "This PC".

4. Aktifkan Maintenance System Komputer

Di Windows 10 terdapat maintenance system yang akan membantu me-manage data - data seperti scan virus dan update system. Hal ini berjalan pada background system komputer. 

Tapi kamu juga dapat mengaturnya secara manual yaitu dengan :

  • Pilih Control Panel
  • Lalu di Control Panel, pilih System & Security
  • Dalam menu tersebut, pilih Security & Maintenance dan klik "Maintenance"
5. Coba Restart Komputer

Banyak kasus yang mungkin terlihat biasa dan sepele, terlebih jika komputer selalu digunakan berhari - hari tanpa istirahat dan mematikannya dengan benar. Koputer yang digunakan teru - menerus akan membuat temperatur prosesor menjadi overheat. Hal inilah yang menjadikan komputer menjadi lelet dan lambat.

Restart adalah salah satu fungsi keseluruhan komputer akan menjadi lebih lancar untuk digunakan lagi dan membantu menurunkan temperatur prosesor. Tapi sebelum kamu merestart komputer, pastikan apa yang kamu kerjakan tersimpan dengan baik.

Nah itulah 5 tips agar komputer agar tidak lelet dan lambat. Tapi yang paling ampuh sih pastinya kamu harus upgarde hardware kamu sesuai dengan kebutuhan agar tidak lemot. Semoga bermanfaat!