Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Ranswomware Masuk ke PC!


 Hi Sobat SONZDESIGN

Gimana hari - harinya? Semoga terus sehat terus ya. Pada Kali ini kita akan membahas tentang perangkat lunak berjenis virus yang bisa masuk ke PC kita dalam keadaan apapun dan sifatnya sangat berbahaya. Perangkat lunak ini yaitu Ransomware.

Sebelum kita ke cara mencegah Ransomware, kita harus tau dulu apa itu Ransomware. Ransomware adalah perangkat lunk atau program yang dibuat secara sengaja dengan tujuan untuk merusak, mencuri data, membatasi akses ke sistem komputer tujuan. Ransomware sudah menjadi berita utama baru - baru ini dengan mengumpulkan korban - korban yang cukup banyak. Contohnya saja pada tahun 2017, Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Bangsa Kita di Jakarta terkena Ransomware Wannacry yang mengakibatkan beberapa database pasien tidak dapat diakses.

Jenis - Jenis Virus Ransomware

Ransomware memiliki jenis yang berbeda - beda dengan kemampuan yang berbeda. Berikut ini jenis Ransomware yang bertebaran diantaranya :

  • Cryptolocker merupakan virus Ransomware tertua yang pertama kali muncul pada tahun 2013. Jenis ini termasuk yang paling berbahaya karena algoritma enkripsi yang kuat dan mustahil bisa memulihkannya.

  • Wannacry yaitu jenis virus yang paling dikenal di seluruh dunia berhasil menginfeksi hampir 125.000 perusahaan di 150 negara.

  • Bad Rabbit yaitu jenis yang telah menginfeksi komputer di seluruh negara Russia dan Eropa Timur. Jenis virus ini disebarkan melalui pembaruan Adobe Flash palsu dengan situs webnya yang telah disusupi coding virusnya.

  • Cerber yaitu virus yang mengincar pengguna Office 365 yang berbasis cloud di seluruh dunia. Hingga pada saat ini, para pengguna Office 365 disinyali telah disusupi oleh virus ini.

  • Crysis yaitu salah satu virus yang bertugas untuk mengenkripsikan file baik drive tetap, drive yang dapat dilepas, maupun drive jaringan. Pada umumnya, virus ini disebarkan melalui lampiran email dengan ekstensi file ganda yang ditambahkan sehingga algoritma enkripsi terkuat sulit untuk dipulihkan dalam waktu cepat.

  • Cryptowall yaitu virus yang muncul di awal tahun 2014 dan perkembangan dari virus Cryptolocker. Saat ini virus tersebut terdapat beberapa varian lagi, seperti CryptoDefense, Cryptowall 2.0, CryptoBit, dan CrytoWall 3.0.

  • Goldeneye yaitu virus yang disebarkan melalui kampanye rekayasa sosial dengan target Lembaga Sumber Daya Manusia. Dimana jika seseorang mengunduh file tersebut, maka virus tersebut akan meluncurkan kode makro mengenkripsi file di dalam device user tersebut.

  • Jigsaw adalah jenis yang paling menginfeksi. Untuk bisa memulihkannya, kamu harus membayar sejumlah uang kepada pembuat kode virus tersebut atau data - data kamu akan hilang secara satu - persatu.

  • Locky yaitu jenis virus dengan tujuan untuk mengunci komputer pengguna tujuan dan mencegah si pengguna untuk menggunakan komputernya sehingga perlu tebusan untuk membukanya. Pada umumnya, virus ini disebarkan melalui pesan email yang menyamar sebagai faktur.

Cara Mencegah Virus Ransomware

Untuk mencegah terjadinya virus ini, beberapa tips yang dapat dilakukan :

1. Selalu Pastikan Bahwa Komputer Mendapatkan Patch Terbaru dan Pembaruan Terbaru

Untuk mendapatkan sistem Komputer mendapatkan patch terbaru dan pembaruan terbaru, kamu perlu melakukan aktivasi fitu Windows Update. Setiap pembaruan akan dilakukan instalasi pada sistem komputer. Dan usahakan datamu ter-Backup sebelum melakukan pembaruan sistem guna untuk mencegah adanya eror pada saat melakukan isntalasi pembaruan sistem.

 

2. Melakukan Scanning Komputer Menggunakan Anti - Virus dengan Pembaruan Terbaru

Anti Virus tersedia secara default salah satyunya yaitu Windows Defender. Anti virus ini sangat membantu sistem komputer untuk mengetahui keberadaan file yang tidak dikenal atau mempunyai Signature Malware. Dan selalu pastikan melakukan scanning pada sistem dan melakukan update pembaruan pada Anti Virus tersebut.

3. Waspada pada Setiap Link yang Diterima

Waspada adanya email spam yang diterima, bisanya email spam mencantumkan sebuah link untuk di klik ataupun mengunduh sebuah file. Cek terlebih dahulu setiap link dengan Software VirusTotal, untuk mendapatkan info bahwa link tersebut Malicious atau tidak. Dan dibawah ini contoh link Malicious.


4. Selalu Mengaktifkan Firewall pada Komputer

Windows Firewall merupakan salah satu elemen terpenting bagi pengguna komputer. Fitur ini terus ditingkatkan seperti mengontrol koneksi keluar dari suatu aplikasi serta user mampu mengatur Windows Firewall dengan mudah. Program ini secara otomatis akan membuat aturan di dalam Windows Firewall sehingga program tersebut bisa melakukan Update.

5. Mengaktifkan Fitur Safe Browsing pada Browser yang Digunakan

Teknologi Safe Browsing Google dapat memeriksa miliaran URL per hari untuk mencari situs tidak aman. Jika mendeteksi situs yang tidak aman, Safe Browsing akan menampilan peringatan dan dapat menulusuri untuk melihat apakah situs saat ini berbahaya untuk dikunjungi.

6. Lakukan BackUp File Penting secara Berkala

Lakukan BackUp file penting secara berkala dengan media penyimpanan eksternal. Sehingga jika terdapat kerusakan file, kamu bisa mendapatkan file di Back Up file dan melakukan Restore.

 Nah itulah kawan pembahasan mengenai Ransomware juga cara mencegah virus satu ini. Cukup mengerikan bukan jika kita mengalaminya? Maka lakukan cara -  cara diatas agar komputer kamu tetap aman. Semoga bermanfaat!