Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bersihkan Cache Komputer Sampai ke Akarnya!


Hi Sobat SONZDESIGN!

Balik lagi sama kita di awal bulan. Gimana kabar kamu? Semoga baik - baik aja ya. Pada kesempatan ini kita akan bahas mengenai laptop dan komputer lagi nih. Udah ga anehlagi sih jaman sekarang kalau ngga ngebahas tentang teknologi. Apa lagi barang elektronik seperti HP, Laptop dan Komputer.

Tapi kamu sering ngerasain ga sih komputer kamu sering lelet dan lemot. Ada beberapa penyebab yang sering terjadi terhadap pengguna laptop dan komputer. Pasti heran juga kan padahal penyimpananmu luang tapi kadang lelet juga lemot.

Seiring pemakaian, kinerja laptop atau komputer kamu lama - lama akan menurun. Layaknya manusia yang sedang berolahraga atau yang beraktivitas, mereka akan merasa cape jika mereka melakukan aktivitas yang berlebih. Beda cerita jika komputer atau laptop kamu sering dirawat dan dicek, salah satunya dengan menghapus cache.

Sebenarnya banyak yang menjadi penyebab laptop atau komputer kamu lemot dan lelet, tapi pada pembahasan yang akan dibahas pada kali ini yaitu salah satunya karena cache yang menumpuk. Arti dari cache sendiri sebenarnya yaitu sebuah kumpulan data dari software yang sudah dijalankan dan sifatnya sementara. Sebenarnya cache memiliki fungsi yang penting, tapi seiring cache makin menumpuk maka akan menyebabkan laptop kamu menjadi lemot dan lelet.

Nah kita akan kasih tau cara membersihkan cache hingga bersih. Yuk ikutin cara - caranya!

Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer

Kamu bisa melakukan cara ini di berbagai versi windows terutama Windows 7, 8, 10. 

1. Cara Menghapus Cache Windows via Run Program

Umumnya file cache sulit untuk dilihat bila kita tidak menggalinya karena lokasinya yang tersembunyi. Jadi kamu bisa menggunakan Run Program untuk menggalinya.

Langkah yang diperlukan yaitu :

  • Masuk Windows Run dengan cara menekan tombol Windows + R.
  • Setelah muncul jendela Run, kamu cukup mengetikan %temp% lalu klik OK.
  • Setelah kamu tekan Enter atau Klik OK, kamu akan diarahkan menuju folder tempat cache yang menumpuk. kamu bisa menghapusnya dengan menekan tombol CTRL + A pada keyboard, lalu klik Delete.
  • Kalau sudah terhapus, restart laptop agar hasilnya lebih lancar. 
*Selain menggunakan %temp%, kamu juga bisa menggunakannya tanpa mengetikan 2 %, juga kamu bisa mengetikan prefetch.

2. Cara Menghapus Cache Windows via Windows Disk Cleanup
Fitur ini dapat dikatakan sangat berguna karena untuk melakukan maintenance di Komputer ataupun Laptop. Semua Cache, Temporary dan Junk Files  bisa terdeteksi dan menghapusnya sekaligus dengan adanya  fitur ini. Untuk menggunakan fitur ini kamu bisa mengikuti langkah - langkah di bawah ini :
  • Buka File Explorer pada laptop atau komputer yang akan dibersihkan cachenya, lalu pilih Local Disk(C:) dan klik kanan pada mouse kamu dan pilih Properties.
  • Setelah kamu pilih Properties, maka akan muncul jendela. Lalu klik langsung tombol Disk Cleanup.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela loading Disk Cleanup Calculating. Disini sistem akan melakukan pencarian terhadap cache ini.
  • s
  • Kemudian akan muncul jendela Disk Cleanup for (C:). Pada Files to Delete kamu centang pada Recycle Bin dan Thumbnails. Lalu klik OK.
  • Setelah langkah diatas dilakukan, tunggu beberapa saat hingga Loading pembersihan selesai.
  • Jika prosesnya sudah selesai, jangan lupa untuk Restart Laptop atau Komputer kamu agar hasil lebih lancar.
3. Cara Menghapus Cache Windows dengan Software Tambahan
Jika kamu ingin lebih praktis, maka kamu bisa menggunakan Software tambahan yaitu salah satunya CCleaner. Selain menghapus file cache, kamu juga bisa memperbaiki registry di Software tersebut.
Berikut cara menggunakan Software CCleaner :
  • Download terlebih dahulu Software CCleanernya disini,jika sudah terinstal lanjutkan langkah - langkahnya.
  • Lalu lakukan proses untuk menginstall Software tersebut.
  • Selanjutnya buka Softwarenya jika sudah terinstall, lalu klik Custom Clean. Setelah itu, kamu centang cache yang menurutmu benar - benar menyebabkan lemot dan lelet dan tidak berguna.
  • Kemudian klik Run Cleaner di bagian kanan bawah (beda versi, beda posisi tombol)
  • Maka akan muncul jendela dan hapus dengan menekan Continue.
  • Tunggu loading beberapa saat  sampai CCleaner berhasil menghapus semua cache tersebut.
  • Jika proses pembersihan selesai, jangan lupa untuk restart laptop atau komputer kamu agar hasil lebih lancar.
Jadi gimana langkah - langkahnya? Mudah bukan? Tapi jika ingin benar - benar ingin menghapus cache sebaiknya kamu menggunakan Run Program agar kamu juga bisa melihat cache atau files apa saja yang ingin dihapus. Semoga bermanfaat!